Latih Disiplin dan Bertahan Hidup Melalui Kegiatan Perjusa

Beragam jenis kegiatan pramuka diselenggarakan oleh SMP Khadijah 2 pada acara Perkemahan Jumat-Sabtu atau biasa disingkat perjusa. Kepala SMP Khadijah 2, Ibu Mulik Cholilah, S.Si berpesan bahwa kegiatan perjusa ini merupakan ajang siswa untuk berlatih disiplin dan mandiri. “Sesuai dengan dasa darma yang keempat yaitu patuh dan tertib pada aturan, semoga dengan adanya perjusa ini para siswa dapat melatih karakter disiplin khususnya dalam penggunaan atribut sekolah.” Ucap Kepala Sekolah dalam sambutannya. Kegiatan tersebut di antaranya adalah upacara dengan tongkat pramuka, mendirikan tenda, pionering, memasak, dan jelajah malam. Acara yang dilaksanakan pada 3-4 Februari 2024 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9. Diawali dengan kegiatan upacara pada pukul 08.00 – 10.30, peserta perjusa diberi pembekalan terlebih dahulu oleh Kak Anshor selaku pembina pramuka. Pembekalan dilakukan sebab tiap peserta diwajibkan membawa tongkat pramuka saat upacara sehingga tata caranya berbeda dengan upacara biasanya, dalam amanatnya.

Berlatih kemah

Selepas istirahat dan sholat jumat, para peserta perjusa diarahkan untuk mendirikan tenda, pioneering, dan memasak. Namun hujan sempat mengguyur area sekolah yang menyebabkan beberapa sudut lapangan tergenang air. Secara gotong-royong para peserta perjusa sigap mengeringkan lapangan lalu mendirikan tenda. Beberapa regu dari kelas 7 tampak kesulitan mendirikan tenda, sebab kegiatan ini merupakan pertama kali. “Kesulitan waktu mengikat dan memaku tali tenda ke tanah. Tanahnya basah, jadi paku yang ditancapkan tidak kuat menahan beban tenda.” Ucap Griselli peserta perjusa kelas 7. Walaupun merasa kesulitan, tapi para peserta mengaku senang dapat belajar mendirikan tenda. 

Kegiatan Memasak  

Sekitar pukul 16.00 para peserta mulai mempersiapkan bahan dan peralatan masak di depan tenda regu masing-masing. Beraneka macam jenis hidangan dimasak oleh tiap regu. Nasi goreng, nasi campur, bahkan chicken katsu dimasak oleh tiap regu. Selain disantap oleh anggota masing-masing regu, hidangan tersebut nantinya juga akan dinilai oleh panitia perjusa. Nantinya nilai tersebut akan menjadi bahan pertimbangan kenaikan tingkat tiap peserta.

Jelajah Malam

Pada malam hari, kegiatan jelajah malam dimulai sekitar pukul 9.30. Sebelum berangkat, tiap regu dikumpulkan di lapangan untuk mengerjakan ujian baru setelah itu dapat melakukan kegiatan jelajah. Saat melakukan jelajah malam, para peserta nantinya harus menyelesaikan misi untuk melewati 6 pos. Tiap pos memiliki misi seputar pengetahuan dan keterampilan tentang pramuka. Di antaranya adalah misi keterampilan tali-temali di pos 1, misi memecahkan sandi morse di pos 2, misi pengibaran bendera di pos 3, misi mempraktikkan sandi semafor di pos 4, dan pos terakhir yaitu misi menyanyikan lagu wajib dan daerah. Walaupun dalam keadaan dingin dan lelah, para peserta berusaha keras untuk menyelesaikan misi di masing-masing pos. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami selalu disini untuk menunggumu
Apa yang bisa kami bantu?